Buah duku buah manggis belinya gak pake uang ringgit Liat tuh si Haris kalo udah gede pengen jadi dokter, biar bisa sembuh-sembuhin temen Chilla yang sakit

Minggu, 11 November 2012

Antarmuka Komputer dengan Saluran Telekomunikasi

Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang Perangkat keras yang medukung berfungsinya suatu jaringan. Beberapa Perangkat keras yang medukung berfungsinya suatu jaringan antara lain terdiri atas:

NIC (Network Interface Card)
Disebut juga kartu antarmuka jaringan, merupakan perangkat penghubung yang dipasang pada tiap komputer. Kartu jaringan yang paling banyak digunakan adalah kartu Ethernet, Konektor localtalk, dan kartu jaringan Token Ring.

HUB
Berfungsi untuk menyatukan kabel-kabel network dari setiap komputer workstation atau client, server dan perangkat lainnya seperti kabel modem. HUB terdiri dari beberapa port atau slot konektor yang telah mempunyai nomor urut. HUB dibagi menjadi dua jenis, yaitu hub pasif dan hub aktif (switch hub). HUB yang beredar mulai dari HUB port 8, 12, 24 dan 32 dengan konektor RJ-45. biasanya HUB digunakan untuk topologi star.

Kabel
Berfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Kabel yang digunakan memiliki kemampuan atau spesifikasi yang berbeda. Ada dua jenis atau tipe kabel, yaitu: twisted pair yang terdiri dari UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair) dan kabel koaksial yang terdiri dari Tick Koaksial dan Thin Koaksial. Penggunaan kabel dalam jaringan menggunakan konektor BNC T-Connector.

Connector
Konektor digunakan untuk membuat jaringan adalah konektor RJ-45 dengan kabel twisted pair dan konektor BNC dengan kabel koaksial. Konektor RJ-45 terdiri dari 8 PIN. Teknik pemasangan kabel tersebut ada 2 cara, yaitu:

1. Straight Cable
Digunakan untuk menghubungkan workstation komputer dengan HUB. Pemasangan kabel pada konektor RJ-45 dengan menghubungkan ujung masing-masing konektor dengan warna yang sama, yaitu sebagai berikut:
- Putih Orange Putih Orange
- Orange Orange
- Putih Hijau Putih Hijau
- Biru Biru
- Putih Biru Putih Biru
- Hijau Hijau
- Putih Coklat Putih Coklat
- Coklat Coklat

2. Crossover Cable
Untuk menghubungkan antar Client atau komputer antar komputer satu dengan komputer lainya tanpa menggunakan HUB atau menghubungkan antar HUB. Pemasangan kabel ini pada RJ-45 menggunakan pin 1, 2, 3 dan 6 yang dipasang secara silang sebagai berikut:
- Putih Orange Putih Hijau
- Orange Hijau
- Putih Hijau Putih Orange
- Biru Biru
- Putih Biru Putih Biru
- Hijau Orange
- Putih Coklat Putih Coklat
- Coklat Coklat

Repeater
Perangkat ini berfungsi sebagai penguat sinyal dari kabel, misalnya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi star yang menggunakan kabel UTP. Panjang kabel tersebut adalah +100 meter. Untuk dapat menguatkan dari kabel tersebut dapat digunakan perangkat tambahanrepeater.

Bridges
Berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan. Bridge mengatur informasi di antara kedua sisi network agar dapat berjalan dengan baik dan tereatur. Kemampuan Bridge lainnya adalah untuk mengkoneksi network dengan tipe kabel atau topologi yang berbeda.

Router
berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet dalam merutekan transmisi antara keduanya. Kelebihannya adalah kemampuan mencari jalur yang terbaik dalam mentransmisikan pesan atau data dari alamat asal ke alamat tujuan. Router dapat mengatur jalur sinyal secara efisien, mengatur pesan di antara dua buah protokol, mengatur pesan di antara topologi jaringan linear bus dan star, serta mengatur pesan yang melewati kabel serat optik, kabel koaksial, dan kabel twisted pair. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar